Manfaat Terong Ungu Untuk Asam Urat

18.31
Manfaat Terong Ungu Untuk Asam Urat

Terong adalah salah satu jenis sayuran yang sering dijadikan lauk untuk hidangan. Anda bisa mengolahnya menjadi sayur santan, balado ataupun terong crispy. Jenis terong yang sering Anda jumpai yaitu terong hijau dan terong ungu. Selain rasanya yang enak untuk dimasak, ternyata terong ungu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya untuk mengobati asam urat.

Asam urat adalah penyakit degeneratif yang terjadi akibat penumpukan kadar asam urat yang berlebih dalam darah. Penyakit ini pada umumnya terjadi akibat asupan makanan yang terlalu banyak mengandung purin. Dalam kadar yang normal purin dapat dikeluarkan oleh ginjal melalui urin. Namun jika berlebihan, penumpukan purin tidak dapat diatasi dan menjadi asam urat.

Baca juga: Manfaat Temulawak Untuk Asam Urat

Untuk Anda penderita asam urat, tidak perlu khawatir, terong ungu dapat Anda masukkan kedalam menu makan sehari-hari karena kandungan purinnya yang rendah. Lantas apa saja manfaat terong ungu untuk asam urat? Antara lain sebagai berikut:

1. Memelihara Persendian

Manfaat terong ungu untuk asam urat yang pertama yaitu terong memiliki kandungan protein cukup tinggi. Kandungan tersebut berfungsi untuk mengatasi pembengkakan akibat peradangan pada sendi  yang disebabkan oleh menumpuknya kadar asam urat dalam darah.

2. Meringankan Nyeri 

Selain mengandung protein, terong ungu juga mengandung banyak mineral seperti kalsium, mangan, potasium, zink dan fosfor. Mineral tersebut berfungsi untuk mengatasi nyeri dan rasa sakit yang ditimbulkan asam urat.

3. Mengolah Kristal Asam Urat

Penderita asam urat akut, ditandai dengan mengkristalnya kadar asam urat pada persendian. Iron, mangan dan magnesium yang terkandung dalam terong ungu sangat berperan penting dalam pengelolaan kadar asam urat yang berlebih dan telah mengkristal.

Hal tersebut diatas adalah beberapa manfaat terong ungu untuk asam urat. Tidak hanya itu, menurut Hanson et al (2006) berpendapat bahwa terong mengandung  antioksidan yang tinggi yaitu fenolat dan asam askorbat.

Seperti yang diketahui, antioksidan sangat berperan secara signifikan dalam mengatasi peradangan pada sendi. Dalam hal ini khususnya yang diakibatkan oleh kadar asam urat yang tinggi dalam darah.

0 komentar