Manfaat Ubi Ungu Untuk Asam Urat

18.41
Manfaat Ubi Ungu Untuk Asam Urat

Ubi ungu adalah jenis umbi-umbian yang banyak tumbuh di benua Asia dan Afrika. Ubi ungu memiliki rasa manis dan aroma yang khas. Selain rasanya yang nikmat, ubi ungu juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan dan kesehatan.

Walaupun kentang dan ubi ungu adalah sama-sama dari jenis umbi. Namun ubi ungu memiliki tiga kali lebih banyak nutrisi, serat dan vitamin daripada kentang. Hal ini tidak mengherankan jika ubi yang satu ini mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Salah satunya sebagai obat tradisional asam urat. Lantas apa saja kandungan dan manfaat ubi ungu untuk asam urat? Berikut kandungan dan manfaatnya:

Baca juga: Manfaat Ubi Jalar Untuk Asam Urat

1. Mengurangi Rasa Nyeri Akibat Peradangan

Warna ungu pada ubi menandakan banyaknya kandungan karotenoid, asam fenolat dan antosianin. Beberapa zat tersebut memiliki sifat antioksidan yang mengurangi peradangan kronis terkait dengan menumpuknya kadar asam urat dalam tubuh. Mengkonsumsi ubi ungu lebih baik dikonsumsi bersama kulitnya untuk mendapatkan khasiat yang optimal sebagai antioksidan.

2. Membantu Kinerja Ginjal

Kadar asam urat berkurang lewat urine melalui ginjal. Kandungan antioksidan seperti karotenoid berfungsi menetralkan radikal bebas yang merawat kesehatan ginjal dengan membantu kerja ginjal.

3. Anti Inflamasi

Manfaat ubi ungu untuk asam urat selanjutnya yaitu sebagai anti inflamasi. Mengkonsumsi ubi ungu secara teratur bermanfaat menetralkan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh serta mengurangi peradangan dan menekan kadar asam urat.

Itulah beberapa manfaat ubi ungu untuk asam urat . Anda dapat menikmati khasiatnya dengan mengkonsumsinya secara rutin serta pengolahan yang tepat. Namun ingat, konsumsi ubi ungu yang berlebihan juga berdampak tidak baik. Anda dapat mengkonsumsinya 2 buah sedang sekali makan.

Ubi ungu sebaiknya diolah dengan cara dikukus. Hal ini bertujuan agar kandungan yang terdapat didalamnya tidak hilang atau rusak. Mengolah ubi ungu yang berlebihan juga dapat mengurangi bahkan menghilangkan manfaatnya.

Ubi ungu memiliki banyak kandungan dan khasiat bila masih dalam keadaan segar. Hindari ubi ungu yang berlubang, berkecambah dan lembek, hal ini pertanda bahwa ubi sudah tidak segar. Ubi ungu dapat bertahan seminggu jika disimpan pada tempat yang kering namun sejuk dan tidak panas.

0 komentar